kuliah2
(FTI Press) Wadah saling tukar menukar informasi dari kalangan yang berkecimpung dalam profesi Teknik Kimia (Chemical Engineering), yang terdiri dari Perguruan Tinggi Muhammadiyah se- Indonesia, pada hari Selasa 13 Oktober 2015 melakukan pertemuan di kampus 3 Fakultas Teknologi Universitas Ahmad Dahlan (FTI UAD).

Pertemuan tersebut merupakan Forum Group Discussion Teknik (FGDT) Kimia, yang sepakat melakukan pertemuan perdana sebagai tindak lanjut dari pertemuan di Makasar. FGDT Kimia merupakan forum diskusi yang terfokus dari suatu group untuk membahas suatu masalah tertentu, serta dikemas dalam suasana informal dan santai. Hadir dalam pertemuan tersebut, utusan dari Teknik Kimia Universitas muhammadiyah Purwokerto (UMP), Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), dan Universitas Ahmad Dahlan (UAD).
Pertemuan FGDT Kimia yang secara resmi dibuka oleh Kartika Firdausy, S.T., M.T. (Dekan FTI UAD) menghasilkan beberapa rumusan dari hasil diskusi, diantaranya membentuk struktur Kepengurusan FGDT Kimia dan program kerja jangka panjang yang meliputi bidang pendidikan dan pengajaran, bidang penelitian dan publikasi, bidang pengabdian kepada masyarakat, serta bidang kelembagaan. FGDT kimia juga merupakan forum pengumpulan data informasi yang umumnya dilakukan pada penelitian kualitatif dengan tujuan menemukan makna, sesuai dengan fakta yang ada di lapangan. Forum pertemuan ini juga untuk mencari pemaknaan berdasarkan hasil diskusi yang terpusat pada suatu permasalahan tertentu.
Dr. Erna Astuti, S.T., M.T. (Ketua Prodi Teknik Kimia FTI UAD) saat ditemui reporter fakultas di sela -sela kesibukannya, beliau menyampaikan bahwa forum pertemuan ini membahas tentang permasalahan yang ada pada Program Studi Teknik Kimia, guna untuk menyamakan pandangan menjadi satu rumusan program kerja. Program kerja tersebut meliputi Penyelarasan Silabus mata kuliah inti, Penyelarasan Tugas Pra Rancangan Pabrik, Pertukaran dosen tamu, Sertifikasi profesi, Seminar nasional bersama ICCE, Pertukaran artikel dan reviewer jurnal, serta Kerjasama penelitian. Beliau juga menambahkan untuk pertemuan selanjutnya akan membahas kurikulum Teknik Kimia, yaitu pada bulan November 2015, tepatnya pada tanggal 17 -19 di Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ).
/ (ns)

/ (ns)



Komentar Ditutup.