E-Learning di Era Globalisasi

Sejarah E-Learning bermula dari pembelajaran dengan bantuan komputer (PBK) atau Computer Assisted Instruction (CAI). Di era globalisasi seperti sekarang ini, penerapan e-Learning merupakan suatu strategi yang efektif untuk mengejar ketertinggalan bangsa kita dengan bangsa lainnya yang sudah selangkah lebih maju dibidang ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek), terutama teknologi informasi.

Apakah E-Learning itu?

E-learning  merupakan bentuk pembelajaran/pelatihan jarak jauh yang memanfaatkan teknologi telekomunikasi dan informasi , misalnya internet, video/audiobroadcasting, video/audioconferencing, CD-ROOM (secara langsung dan tidak langsung).

Kegiatan e-learning termasuk dalam model pembelajaran individual. Kegiatan e-learning lebih bersifat demokratis dibandingkan dengan kegiatan belajar pada pendidikan konvensional, karena peserta didik memiliki kebebasan dan tidak merasa khawatir atau ragu-ragu maupun takut, baik untuk mengajukan pertanyaan maupun menyampaikan pendapat/tanggapan karena tidak ada peserta belajar lainnya yang secara fisik langsung mengamati dan kemungkinan akan memberikan komentar, meremehkan, atau mencemoohkan pertanyaan maupun pernyataannya.

E Learning di Program Studi Teknik Kimia

Dosen Program Studi Teknik Kimia bertekad untuk tahun ajaran 2013/2014 di semester gasal ini akan mengoptimalkan metode pembelajaran jarak jauh dengan E-learning. Hal ini untuk pengayaan mata kuliah dengan meng up-load materi, soal ataupun tugas dari dosen. Adapun mahasiswa dapat mengakses materi perkuliahan untuk mempersiapkan materi kuliah ataupun mengumpulkan tugas dan juga menanyakan, memberi komentar atas materi yang ditampilkan.

Bagaimana Respon Mahasiswa dan Dosen ?

Dengan metode ini para mahasiswa akan merasakan sensasi belajar yang benar-benar berbeda dibandingkan kelas konvensional. Akses mereka terhadap informasi juga meningkat dengan drastis.

Para mahasiswa dapat memilih sendiri cara belajar yang dirasa paling cocok dengan kepribadian mereka ketika mengikuti kelas e-learning. Para pengajar merasakan dampak dari penggunaan e-learning terhadap metode pengajaran yang digunakan. Mereka perlu melakuka



Komentar Ditutup.