morooka
(FTI Press) “Catatan thermodinamika untuk perubahan energi kimia” menjadi tema utama dalam kuliah umum yang diberikan Prof. Dr. Shigeharu Morooka, (Kyushu University, Japan), dalam lawatannya ke Fakultas Teknologi Industri Universitas Ahmad Dahlan (FTI UAD) Program Studi Teknik Kimia.

Guru Besar Kyushu University tersebut sebagai visiting professor memberikan general lecture (kuliah umum), kepada ratusan mahasiswa yang hadir memenuhi ruang 302 kampus 3 UAD pada hari Kamis 10 September 2015.
Dalam kuliah umum tersebut, Prof. Shigeharu selaku pembicara utama beliau menyampaikan ilmu Termodinamika kimia yang dapat didefenisikan sebagai cabang kimia yang menangani hubungan kalor, kerja dan bentuk lain energi, dengan kesetimbangan dalam reaksi kimia dan dalam perubahan keadaan. Thermodinamika merupakan ilmu tentang energi, yang secara spesifik membahas tentang hubungan antara energi panas dengan kerja. Seperti telah diketahui bahwa energi di dalam alam dapat terwujud dalam berbagai bentuk, selain energi panas dan kerja, yaitu energi kimia, energi listrik, energi nuklir, energi gelombang elektromagnit, energi akibat gaya magnit, dan lain-lain. Energi dapat berubah dari satu bentuk ke bentuk lain, baik secara alami maupun hasil rekayasa tehnologi. Antusias peserta kuliah umum ini sangat tinggi, terbukti dengan peserta memenuhi ruangan dan banyaknya pertanyaan yang ditanyakan kepada Prof. Dr. Shigeharu Morooka oleh mahasiswa Teknik Kimia.
ebelum kuliah umum Prof. Dr. Shigeharu Morooka, terlebih dahulu diterima langsung di ruang dekanat oleh Kartika Firdausy, S.T., M.T. (Dekan FTI), Endah Sulistiawati (Wakil Dekan FTI), Ir. Siti Jamilatun, M.T. (Kaprodi Teknik Kimia), Dr. Zahrul Mufrhodi, M.T., Rusydi Umar, S.T., M.T., Ph.D., dan Staff Kantor Urusan Internasional (KUI) Ibu Nurun.

/ (ns)



Komentar Ditutup.