(Che) Kuliah Online (e-learning) merupakan salah satu sarana pembelajaran interaktif, dimana para dosen dan para mahasiswa dapat berkomunikasi dengan menggunakan media berupa internet. Guna mendukung pemanfaatan fasilitas e-learning Universitas Ahmad Dahlan (UAD), pada hari Rabu 24 Februari 2016 Program studi Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri UAD menyelenggarakan Workshop e-learning dengan tema peningkatan literasi dosen dalam pengembangan konten/media pembelajaran dalam mendukung peningkatan mata kuliah berbasis e-learning.  Eko Aribowo, S.T., M.Kom. selaku koordinator dan instruktur pelatihan e-learning memberikan materi mengenai pembelajaran yang disusun dengan tujuan menggunakan sistem elektronik atau komputer sehingga mampu mendukung proses pembelajaran dengan menggabungkan prinsip-prinsip dalam proses pembelajaran dengan teknologi sebagai sarana untuk proses belajar mengajar yang dilaksanakan tanpa harus bertatap muka secara langsung.

workshop e-learning (8)

Dengan e-learning Para dosen dapat memberikan materi, baik berupa file, video, tulisan ataupun materi-materi kuliah dalam bentuk dokumen lainnya, memberikan informasi-informasi penting kepada para mahasiswanya, memasukkan soal-soal ujian atau menentukan waktu berlakunya ujian untuk para mahasiswanya. Sedangkan manfaat e-learning bagi mahasiswa, mahasiswa juga bisa mendapatkan materi perkuliahan berupa file atau bacaan dari dosen yang bersangkutan, mahasiswa juga bisa mengirimkan pertanyaan kepada dosen mata kuliah tersebut, mengirimkan kontak pada mahasiswa lain, melihat informasi dari dosen yang bersangkutan, dan melakukan ujian pada waktu yang telah ditetapkan.

workshop e-learning (1)

Menurut  Eko Aribowo, S.T., M.Kom, e-learning bukan hanya berbicara pada konten pembelajaran electronic dan bagaimana menyampaikannya, namun berbicara mengenai semua yang mencakup pemanfaatan komputer dalam menunjang peningkatan kualitas pembelajaran, penggunaan teaching materials berbasis web dan hypermedia, multimedia atau web sites, forum diskusi, perangkat lunak kolaboratif, e-mail, blogs, wikis, computer aided assessment, animasi pendidikan, simulasi, permainan, perangkat lunak manajemen pembelajaran, dan electronic voting systems, termasuk di dalamnya penggunaan mobile technologies seperti HP,PDA dan MP3 players.

Workshop e-learning tersebut diikuti seluruh dosen Teknik Kimia, harapan setelah workshop e-learning bisa meningkatkan dan memanfaatkan Penggunaan e-learning guna menunjang pelaksanaan proses belajar-mengajar, sehingga dapat meningkatkan daya serap mahasiswa Teknik Kimia atas materi yang diajarkan, Ungkap Dra. Siti Salamah, M.Si. (Dosen Teknik Kimia). /(ns)



Komentar Ditutup.