(che) Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Mahasiswa Nasional yang diadakan oleh Ikatan Mahasiswa Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Jember dengan tema “Innovative Solutions With Green Saving For The Future” diharapkan mampu memberikan pemikiran inovatif tentang penanganan masalah lingkungan untuk menyelamatkan lingkungan dengan konsep tabungan hijau. Tabungan Hijau adalah konsep pemikiran dan dituangkan dalam aplikatif kehidupan yang mencerminkan semua aspek untuk pemyelamatan Bumi dari masalah lingkungan yang merusak Bumi, sehingga dengan adanya suatu kegiatan tabungan hijau diharapkan mampu menyimpan atau mempertahankan Bumi menjadi lebih terjaga dan keberlanjutan untuk masa yang akan datang yang kita wariskan kepada anak dan cucu kita nantinya. Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan kompetisi ilmiah yang menjadi serangkaian acara “Super Hero Lingkungan” (SHL).

juara-harapan-1-lkti-super-hero-2016-2

Event ini merupakan kegiatan ilmiah ke-empat kalinya yang dilaksanakan oleh Ikatan Mahasiswa Agroteknologi (IMAGRO) Fakultas Pertanian, Universitas Jember. Tahap seleksi Karya dilakukan pada tanggal 28 September – 06 Oktober 2016. Pengumuman lolos seleksi dan dinyatakan sebagai finalis 10 besar dapat dilihat di media sosial yang berhubungan dengan kegiatan SHL berlangsung pada 7 Oktober 2016. Syukur Alhamdulillah mahasiswa Program Studi Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri Universitas Ahmad Dahlan (FTI UAD) Arpan Efendi (1500020043), dengan dosen pembimbing Dr. Zahrul Mufrodhi, S.T., M.T. meraih juara harapan 1. Arpan Efendi melihat potensi pengolahan sampah yang berupa sayuran terutama di salah satu Pasar di kota Yogyakarta kurang maksimal, sehingga pada karya ilmiah tersebut Arpan Efendi mengambil tema “Pengolahan SUSTRIK (Slurry Sampah Menjadi Listrik) Melalui Microbial Fuel Cells di Pasar Giwangan Yogyakarta”. Kegiatan pengolahan sampah tersebut bertujuan untuk menghasilkan fermentasi dengan EM4 selama 7 hari, guna memperoleh pertumbuhan bakteri yang ditandai dengan PH7 (normal), selanjutnya bakteri ini diukur untuk mengetahui kekuatan voltase listriknya dengan menggunakan rangkaian listrik sederhana skala laboratorium.

juara-harapan-1-lkti-super-hero-2016-1

Peran aktif mahasiswa Teknik Kimia FTI UAD mengikuti  LKTI Tingkat Nasional ini , diharapkan mahasiswa selalu berkontribusi melalui karya tulis sehingga berguna bagi kehidupan bermasyarakat. Membangun dan meningkatkan rasa kepedulian yang tinggi serta memberikan solusi yang aplikatif terhadap berbagai permasalahan lingkungan, serta membina budaya meneliti melalui ide kreatif dan solutif sebagai wujud tri dharma perguruan tinggi. /(ns)



Komentar Ditutup.