Lokakarya Peninjauan Kurikulum Teknik Kimia UAD

Foto : Lokakarya Perubahan Kurikulum Program Studi Teknik Kimia UAD

Senin, 4 November 2013, Program Studi Teknik Kimia, Fakultas Teknologi Industri UAD menyelenggarakan Lokakarya Kurikulum, yang bertempat di ruang Serbaguna Kampus 3 Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Lokakarya ini dihadiri Dekan, Wakil Dekan, Ketua Program Studi Teknik Kimia, dan para Dosen Program Studi Teknik Kimia, Fakultas Teknologi Industri UAD.

 

Acara Lokakarya Kurikulum Program Studi Teknik Kimia ini diselenggarakan pukul 08.00  – 17.00 WIB dengan menghadirkan pembicara dari ITB, Dr. Ing. Danu Ariono.

Peninjauan kurikulum merupakan agenda rutin yang diselenggarakan setiap 4 tahun sekali, sehingga  diharapkan dapat selalu merespon kebutuhan pengguna.  Lokakarya kurikulum ini juga diikuti  alumni Prodi Teknik Kimia, yang diharapkan bisa memberi kontribusi langsung bagi kemajuan Program Studi Teknik kimia.

Dalam sambutannya Kartika Firdausy, S.T., M.T.  (Dekan FTI) menyampaikan bahwa kurikulum harus mampu mendukung tercapainya tujuan, terwujudnya visi dan terlaksananya misi Program Studi, sesuai dengan buku 2, standar dan prosedur Akreditasi Program Sarjana khususnya pada standar 5. Selain itu, kurikulum juga harus mampu mendorong terbentuknya hard skills maupun soft skill lulusan. Kurikulum tidak bisa lepas dari rumusan profil lulusan, serta mempertimbangkan hasil identifikasi profil raw material yang merupakan input dari  setiap Program Studi.

Ditambahkan pula pada laporan hasil pemeriksaan untuk pengukuran di bulan Oktober 2013, salah satu indikator proses mahasiswa Teknik Kimia menyelesaikan studi tepat waktu masih sekitar 15% sehingga perlu dijadikan referensi dalam proses peninjauan kurikulum.

peninjauan kurikulum teknik kimia universitas ahmad dahlan

Diharapkan ke depannya jika Program Studi dalam peninjauan kurikulum akan menghasilkan perubahan kurikulum maka perlu menyiapkan dokumen ekivalensi matakuliah, sehingga perubahan kurikulum tidak merugikan mahasiswa yang telah mengambil matakuliah sesuai kurikulum sebelumnya.

(ns)



Komentar Ditutup.