(Che) Tahun Ajaran Semester Gasal 2016/2017 Fakultas Teknologi Industri Universitas Ahmad Dahlan (FTI UAD), Kantor Urusan Internasional (KUI), dan Program Studi Teknik Kimia menyelenggarakan program pertukaran pelajar untuk mahasiswa semester V. Setelah mengikuti beberapa tahapan seleksi, empat mahasiswa yang lolos dan terpilih untuk mengikuti program ini adalah Hilda Syahidatina Nusa’ibah, Laras Ekananda Vidya Ratri, Latifah Nurul Huda dan Rizky Gusti Pratiwi. Keempat mahasiswa tersebut dari Program Studi Teknik Kimia. Program Pertukaran pelajar tersebut berlangsung pada bulan September 2016 dan berakhir pada bulan Januari 2017 di Universiti Malaysia Pahang (UMP).

DSC_0509

Universiti Malaysia Pahang (UMP) merupakan sebuah universitas yang mempunyai visi Universiti Teknologi Terunggul berbagai program teknis berpusat Teknik dan Teknologi. UMP memiliki 9 fakultas yang terbagi dalam dua kampus yang berlokasi di Gambang Kuantan Pahang Darul Makmur dan di Pekan, Pahang . Kedua kampus ini dikenal dengan kampus Gambang dan Kampus Pekan. Reporter Fakultas berkesempatan mewawancarai keempat mahasiswa yang sudah menyelesaikan program pertukaran pelajar tersebut, berikut petikan wawancaranya. “

“ Di UMP Kami ditempatkan di asrama yang disebut Kolej Kediaman 1 (KK1). Kami masuk di Fakulti Kejuteraan Kimia dan Sumber Asli (FKKSA) yang berlokasi di Gambang, Kuantan Pahang Darul Makmur. Ada 6 mata kuliah (14 sks) yang kami ambil di UMP. Banyak sekali ilmu, pembelajaran, dan pengalaman berbeda yang kami peroleh. Mulai dari pembelajaran seperti diskusi dan tanya jawab yang banyak diterapkan di kelas, mahasiswa harus berkontribusi dan berperan aktif selama pembelajaran berlangsung. Quiz dan tugas pun rutin diberikan untuk mengetahui seberapa faham serta mengukur kemampuan mahasiswa dengan pembelajaran yang telah diberikan. Setiap matakuliah mengadakan test 1 sampai 2 kali dalam satu semester yang kemudian diakhiri dengan ujian akhir. Praktikum di laboratorium (Makmal FKKSA). Laboratorium disana sangat luas dengan peralatan lab yang canggih dan baru sehingga sangat membantu dalam hal riset saat dipelajari dari sana. masa-Masa akhir semester, mahasiswa wajib membuat laporan mini project dan diisi dengan kegiatan presentasi maupun interview. Mini project ini adalah tugas akhir dari setiap matakuliah yang dikerjakan secara berkelompok dan dilaporkan sebelum ujian akhir. Dari hal tersebut kerjasama dan kebersamaan diutamakan, sehingga banyak pula relasi yang dibangun dengan baik.

ump

Kegiatan lain yang pernah kami ikuti yaitu Internasional Open Day 2016, yang diadakan setiap tahun untuk mahasiswa asing, yang bertujuan untuk memperkenalkan budaya dari masing-masing Negara. Event tahunan yang ada di UMP juga seperti expoconvo yaitu convocation atau acara wisuda dari UMP dimana dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut yang diisi berbagai kegiatan, antara lain mulai dari bidang olahraga, seni, bazar makanan, talkshow dan masih banyak lagi. Kegiatan unik lain seperti buka puasa sunah senin kamis yang diadakan oleh organisasi PIMPIN yang dilaksanakan di Masjid Kampus UMP Gambang, dimana makan bersama satu nampan untuk 7 orang. Kebersamaan dan kebahagiaan tercipta disana. Setiap rabu sore sekitar UMP Gambang pun ada bazar makanan yang disebut pasar malam,  banyak makanan khas Malaysia seperti nasi kerabu, nasi lemak, nasi ayam, sotong, ayam potong dan masih banyak lagi yang tersedia disana.

teknik-kimia-fti-uad-2

“ Selain education experience pengalaman yang excited yang saya dapatkan yaitu menjadi audience di chem-e-car competition, kompetisi itu adalah kompetisi terunik yang sangat menarik minat saya dimana para engineer kimia merancang mobil mainan seperti tamiya dengan power yang berasal dari chemicals. It was awesome, i hope i’ll make it soon in my faculty. Berbaur bersama teman-teman chinese, india, dan malaysia juga merupakan suatu pengalaman yang tidak terlupakan karena saya sadar jika saya hanya berada di zona aman, maka saya tidak akan mendapatkan sesuatu yang lebih menantang, untuk itu saya berusaha membawa diri saya kepada hal-hal yang baru, lingkungan yang baru yang tentunya bermanfaat buat saya dan teman-teman ’’, tutur Rizky.

teknik-kimia-fti-uad-3

Alhamdulillah banyak sekali pelajaran, pengalaman dan pembelajaran yang dapat diambil selama mengikuti program pertukaran pelajar di Universiti Malaysia Pahang (UMP). Ucapan Syukur selalu kami panjatkan atas rezeki Allah SWT yang melimpah. Ucapan terimakasih atas bimbingan dan dukungan dari Pimpinan Fakultas Teknologi Industri, KUI, Prodi Teknik Kimia, serta sahabat dan semua pihak UAD yang mensukseskan program ini. Terimakasih juga kami sampaikan kepada semua pihak dari UMP terutama Fakulti Kejuteraan Kimia dan Sumber Asli UMP, IO UMP, PPI di UMP dan sahabat baru yang ada di UMP yang telah sudi menerima, membimbing dan menemani kami selama satu semester di UMP dengan sangat baik. Tidak lupa juga kami sampaiakan terimakasih kepada DIKTI atas beasiswa yang berikan kepada kami, yang sangat membantu dan mensukseskan program ini di Universiti Malaysia Pahang (UMP). Kami berharap program seperti ini dapat dilaksanakan pada tahun-tahun selanjutnya dengan kualitas yang semakin baik. /(ns)



Komentar Ditutup.