(FTI Press) Skripsi adalah mata kuliah yang berbeda dari mata kuliah lainnya, karena sifatnya yang lebih menantang, wajar saja jika mata kuliah yang satu ini sangat ampuh membuat mahasiswa jadi galau. kegalauan skripsi seringkali bermula dari tidak adanya ide atau topik penelitian yang diperoleh.

Sering kali mahasiswa setiap mengajukan judul tidak jarang ditolak, karena tidak ada ide yang pas untuk diajukan dalam melakukan penelitian. Padahal jika mau sedikit berstrategi untuk menentukan judul penelitian, maka skripsi bisa lebih mudah dibuat. kadang ide yang brilian justru bisa ditemukan dalam melakukan penelitian di sekitar kita.
Program Studi Teknik Kimia FTI UAD menghadirkan Prof. Ir. Arief Budiman, MS., D.Eng. (Dosen Teknik Kimia UGM), untuk memberi kuliah umum kepada mahasiswa semester V yang sedang mengambil mata kuliah pengantar penelitian. Dengan tema “Menjaring ide – ide dan proses aplikasi untuk diwujudkan penelitian menjadi nyata dan bagaimana cara mewujudkannya, Arief Budiman terlebih dahulu menekankan tentang tata cara melakukan penelitian. Darimanapun sumber topik diperoleh, keputusan dan penentuan terakhir terletak pada mahasiswa sendiri. Oleh karena itu, sebelum topik ditentukan, mahasiswa harus mengetahui dasar dari sebuah penelitian. Penelitian merupakan penyelidikan secara sistematik dengan metode ilmiah untuk memperoleh kesimpulan atau gejala baru. Maksud dari penelitian yaitu mengungkap pengetahuan baru untuk menentukan definisi, metode, rumus serta menemukan cara untuk lebih dekat pada aplikasi dan industri.
Beliau juga menambahkan, fungsi dari penelitian yaitu menyusun atau membangun tubuh ilmu pengetahuan dan teknologi, mengembangkan aplikasi ilmu pengetahuan dan teknologi, sebagai wahana pada pendidikan tinggi, untuk menguji dan mendalami materi yang dipelajari, serta menjadi kegiatan dan exercise akademik untuk terus menerus mengasah kemampuan. Dosen pengampu mata kuliah pengantar penelitian Dr. Zahrul Mufrodi, M.T. saat ditemui reporter fakultas beliau menyampaikan’ bahwa kuliah umum ini untuk memberi semangat kepada mahasiswa sebagai langkah awal memulai atau menentukan ide dalam menyusun skripsi, diharapkan mahasiswa dalam melakukan penelitian dan penyusunan skripsi tersebut, bisa diwujudkan dan dikembangkan menjadi nyata sesuai dengan skripsi yang dikerjakan.

/(ns)



Komentar Ditutup.