(Che)  Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mengirim 10 mahasiswa dan 2 dosen pendamping untuk berpartisipasi dalam kemah budaya Internasional di Suranaree University of Technology (SUT), Thailand (19-25 Juni 2016). Delegasi UAD terdiri dari Fakultas  Ekonomi, Fakultas Farmasi, Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Sastra , Fakultas Budaya dan Komunikasi, serta Fakultas Psikologi. Dalam rombongan tersebut terdapat delegasi dari Fakultas Teknologi Industri yang terdiri dari dosen Pendamping Andri Pranolo, S.Kom., M.Cs., Helmi Nasir (Teknik Elektro ), Javid Novean N. (Teknik Industri), dan Ramadhan Sela Wibawa (Teknik kimia).

ISAAN 2016 (4)

Ada dua acara utama yang diadakan dalam kemah internasional kali ini, yaitu The 3rd International ASEAN Culture Camp (ISAAN) dan The 2nd International Martial Art and Culture Camp (Muay Thai). Satu tim yang berpatisipasi dalam ISAAN melakukan beberapa kegiatan, seperti mengunjungi Pimai Hictorical Park, Taman Gantung, dan lokasi pasukan tinju untuk melihat cara mereka bertanding.

Mahasiswa UAD diberi kesempatan untuk menampilkan budaya asli Indonesia yaitu Tari Enggang yang dipadu dengan pencak silat. Disamping itu mereka berkesempatan mengikuti beberapa kegiatan diantaranya Martial Art and Culture Camp. Mereka mempelajari tarian Pha Khao Ma, yang merupakan tari tradisional Thailand. Mahasiswa UAD juga belajar menjahit dan menikmati pengalaman langsung tinggal bersama penduduk lokal desa di Baan Taanprasart. Selain itu, para peserta belajar membuat makanan tradisional, mewarnai kain tradisional, dan kerajinan tangan lainnya. Meskipun delegasi UAD menjalankan ibadah puasa, mereka tetap semangat dan antusias belajar Wai Kru Dance, yakni tarian pembukaan Muay Thai yang menunjukkan penghormatan kepada tim dan para guru, dan dilanjutkan dengan latihan 30 teknik Muay Thai. Di akhir kegiatan, “Ungkap Andri Pranolo saat ditemui reporter fakultas.

Ramadhan Sela Wibawa (Mahasiswa Teknik Kimia), yang mengikuti program tersebut mengaku senang mendapatkan kesempatan ke negeri gajah putih “ kami bangga bisa mengenalkan seni – budaya, kuliner Indonesia dan Universitas Ahmad Dahlan. /(ns)

 



Komentar Ditutup.