(Che) Dalam rangka menambah wawasan siswa Sekolah Menengah Atas tentang pembelajaran di Universitas khususnya wawasan tentang laboratorium, Belum lama ini Program Studi Teknik Kimia Fakultas Teknologi Universitas Ahmad Dahlan menerima Study Laboratorium Siswa SMA Muhammadiyah 5 pada tanggal 26-27 Februari 2020 yang bertempat di Laboratorium Teknik Kimia Kampus IV Universitas Ahmad Dahlan.

Kunjungan ke Laboratorium ini melihat secara langsung alat-alat praktikum yang dipakai mahasiswa saat melakukan pembelajaran di Teknik Kimia. Dalam kesempatan tersebut diperkenalkan alat-alat laboratorium dan semua fungsi peralatan dasar yang biasa digunakan dalam laboratorium kimia.

Pengenalan alat-alat yang akan dipergunakan dalam laboratorium sangat penting guna kelancaran percobaan yang dilaksanakan diantaranya adalah menghindari kecelakaan kerja dan gagalnya percobaan. Alat-alat laboratorium biasanya dapat rusak atau bahkan berbahaya jika tidak sesuai dengan prosedur pemakaian .Oleh karena itu, pemahaman fungsi dan cara kerja peralatan serta bahan harus mutlak dikuasai oleh sebelum melakukan praktikum di laboratorium kimia. Dalam sesi pengenalan alat laboratorium dihadapan siswa SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta, dipandu langsung olah Dr.Ing. SUHENDRA, M.Sc., Dr. Eng. Farrah Fadhilah Hanum, S.T., M.Sc.

Menurut Dr. Erna Astuti, S.T., M.T. (Kaprodi Teknik Kimia) Kunjungan Siswa SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta ini sangat tepat, karena Laboratorium merupakan salah satu pusat segala aktivitas ilmiah, yang meliputi riset, eksperimen, dan pengukuran. Ada beberapa jenis laboratorium yang dikunjungi selama di Kampus IV UAD, diantaranya adalah laboratorium kimia. Peralatan laboratorium yang dipakai disetiap laboratorium ada yang sama dan ada pula yang berbeda. Semua memiliki jenis peralatan khas yang sesuai dengan fungsi dan kegunaannya masing-masing. Semoga dengan kunjungan ini bisa menambah pengetahuan bagi siswa tentang perguruan tinggi.

/(ns)



Komentar Ditutup.