CAPTION (Chemical Paper Competition) adalah kegiatan Lomba Essay dan Poster tingkat Nasional yang pesertanya merupakan siswa-siswi SMA/SMK/MA sederajat se-Indonesia. Caption merupakan program kerja tahunan dari Departemen Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia Universitas Ahmad Dahlan yang sudah berlangsung sejak tahun 2016 hingga sekarang yang merupakan event edisi ke-5. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wadah bagi generasi muda untuk menyalurkan aspirasi, ide kreatif dan berkarya secara positif serta meningkatkan kemampuan IPTEK siswa-siswi SMA/SMK/MA sederajat khususnya di bidang kimia tingkat nasional.

Pada edisi ke-5 ini cukup berbeda dengan CAPTION pada edisi sebelumnya. Dengan berbagai pertimbangan, CAPTION #5 dilaksanakan secara online pada Sabtu, 14 November 2020 dan Sabtu-Minggu, 28-29 November 2020 dengan menggunakan platform Google Meet. Caption #5 tahun ini bertemakan “Inovasi Teknologi Generasi Emas Indonesia dalam Manghadapi Era Revolusi 4.0 dan Mewujudkan Society 5.0”. Ajang perlombaan ini diikuti oleh 32 tim essay  yang kemudian diseleksi untuk dipilih 10 tim terbaik yang akan lolos ke babak presentasi. Sedangkan untuk perlombaan poster diikuti oleh 8 tim.

Rangkaian kegiatan diawali dengan technical meeting untuk menjelaskan tata tertib peserta, buku panduan, teknis penilaian dari perlombaan essay dan poster sekaligus pengambilan nomor undian untuk urutan presentasi perlombaan essay pada hari Sabtu, 14 November 2020.

Pada Sabtu, 28 November 2020 rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan presentasi essay oleh 10 tim terbaik yang terpilih pada proses seleksi. Penilaian essay dan presentasi dilakukan oleh 3 dosen yaitu, Dr. Martomo Setyawan, S.T., M.T. yang merupakan Dosen Teknik Kimia UAD, Dr. Fadhilah, S.T., M.T., Ph.D. yang merupakan Dosen Teknik Kimia UNS, dan Dr.-Ing. Teguh Ariyanto, S.T., M.Eng. yang merupakan Dosen Teknik Kimia UGM. Juri yang dipilih merupakan juri yang ahli atau relevan dengan subtema CAPTION #5 kali ini. Untuk penilaian poster juga dilakukan oleh ketiga juri tersebut kemudian dikalkulasikan dengan perolehan jumlah like setiap poster yang telah diperoleh pada Instagram Caption #5 selama rentang waktu yang telah ditentukan.

Adapun subtema CAPTION #5 tahun ini yaitu :

  1. Energi
  2. Biokimia
  3. Ketahanan Pangan
  4. Ekonomi
  5. Lingkungan
  6. Teknologi Tepat Guna

Pada Minggu, 29 November 2020 diadakan webinar sekaligus penutupan kegiatan CAPTION #5. Webinar kali ini terdapat 2 pemateri. Pemateri pertama yaitu Dr. Ir. Siti Jamilatun, M.T. merupakan Dosen Teknik Kimia UAD yang memberikan materi tentang jurusan teknik kimia, kimia murni, dan pendidikan. Kemudian dilanjutkan oleh pemateri kedua yaitu Dr.-Ing. Suhendra, S.T., M.Sc. Association of Indonesia Profressional for Science (AIPSE) Germany dan merupakan Dosen Teknik Kimia UAD yang memberikan materi tentang inovasi teknologi.

Setelah webinar selesai, CAPTION #5 ditutup dengan pengumuman pemenang. Pemenang lomba essay pada CAPTION #5 tahun 2020, yaitu :

Pemenang lomba poster CAPTION #5 tahun 2020, yaitu :

Demikian seluruh rangkaian acara ditutup dengan penyampaian video pengumuman pemenang dan salam perpisahan panitia dengan seluruh peserta perlombaan essay dan poster.

Sekian dan Terima Kasih. Sampai ketemu kembali di CAPTION #6.



Komentar Ditutup.