Pabrik Gula Soedhono atau PG Soedhono merupakan pabrik gula yang berlokasi di Tepas, Geneng, Tepas, Ngawi, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Dimana merupakan pabrik pertama yang menjadi lokasi kunjungan industri mahasiswa yang dilaksanakan dari tanggal 02 s.d. 03 mei 2018. Tanggal 2 mei 2018, pagi hari kita diterima baik oleh perwakilan manager PG Soedhono di Balai Pertemuan PG Soedhono.

 

Acara diawali dengan sambutan dari Dosen pendamping kunjungan industri, bapak Dr. Zahrul Mufrodi, S.T., M.T. menyampaikan ucapan terimakasih serta tujuan dan maksud kunjungan industri mahasiswa Teknik Kimia UAD, lalu dilanjutkan sambutan dari GM PG Soedhono, bapak Nuril Huda, S.T.

Setelah sambutan, acara dilanjutkan dengan pemaparan proses industri yang ada di PG Soedhono, mulai dari pemilihan tebu yang baik, penimbangan tebu, penggilingan hingga proses pembentukan gula dan pengemasan. Dari paparan yang dilakukan oleh bidang produksi PG Soedhono, mahasiswa begitu antusias dan banyak yang bertanya terkait proses pengolahan tebu menjadi gula ini.

Yang menarik dari kunjungan industri di PG Soedhono ini yaitu mahasiswa diajak berkeliling pabrik menggunakan kereta wisata yang dimiliki oleh PG Soedono yang kesehariannya juga digunakan sebagai hiburan bagi warga masyarakat sekitar. Rute kereta wisata berawal dari depan pabrik melewati lokasi penimbangan dan area pembimbitan tebu, juga melewati bagian luar gudang dan berakhir di lokasi proses. Di lokasi proses mahasiswa diajak melihat alat industri atau pabrik yang didampingi oleh staf PG Soedhono.

Kunjungan di PG Soedhono berakhir tepat saat adzan dzuhur berkumandang. Dosen pendamping dan Mahasiswa berpamitan dengan perwakilan managemen PG Soedhono untuk melanjutkan Kunjungan ke Industri berikutnya. [AA]



Komentar Ditutup.