Kamis, 5 mei 2018 – mahasiswa Teknik Kimia UAD melakukan Kunjungan Industri ke wilayah jawa timur dimana membawa 98 mahasiswa dari angkatan 2015, 2016, dan 2017 serta 2 dosen pembimbing Dr. Zahrul Mufrodi, S.T., M.T., dan Agus Aktawan, S.T., M.Eng. Rombongan terbagi dalam 2 bis, bis pertama yang didampingi oleh bapak Zahrul berkunjung ke PT SIER. PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (PT SIER) adalah perusahaan pengelola kawasan industri yang berkantor pusat di kota Surabaya, Jawa Timur. Salah satu yang ditangani di perusahaan ini adalah pengolahan limbah. Mahasiswa yang berkunjung ke PT SIER diajak melihat ke laboratorium yang ada disana.

selain kunjungan di laboratorium, mahasiswa juga diajak untuk melihat kolam pengolahan limbah yang ada di PT SIER dimana ada beberapa kolam pengolahan limbah cair. Selama kunjungan di laboratorium dan di area kolam pengolahan limbah selalu didampingi oleh staf PT SIER yang selalu menjelaskan setiap proses yang ada dan diperhatikan secara antusias oleh mahasiswa.

Bis kedua yang didampingi pak Agus berkunjung ke PT Petrokimia Gresik. PT Petrokimia Gresik merupakan pabrik pupuk terlengkap di Indonesia, yang pada awal berdirinya disebut Proyek Petrokimia Surabaya. Kontrak pembangunannya ditandatangani pada tanggal 10 Agustus 1964, dan mulai berlaku pada tanggal 8 Desember 1964. Proyek ini diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia pada tanggal 10 Juli 1972, yang kemudian tanggal tersebut ditetapkan sebagai hari jadi PT Petrokimia Gresik. Para mahasiswa disambut oleh bapak Nur Huda selaku perwakilan PT Petrokimia Gresik. Dimana mahasiswa dipaparkan terlebih dahulu terkait sejarah dan proses yang ada di PT Petrokimia Gresik.

Mahasiswa sangat antusias dalam memperhatikan pemaparan yang dilakukan oleh bapak Nur Huda yang diakhiri dengan diskusi tanya jawab.

Selain pemaparan tentang sejarah dan proses yang ada di PT Petrokimia Gresik, mahasiswa juga diajak berkeliling pabrik untuk melihat alat-alat proses yang ada menggunakan bis yang khusus digunakan untuk kunjungan lapangan yang dimiliki oleh PT Petrokimia Gresik. [AA]



Komentar Ditutup.