(Che) Universitas Ahmad Dahlan Perguruan Tiggi Muhammadiyah yang ada di Kota Yogyakarta ini akan mengirim delegasinya untuk mengikuti acara Expo-Sciences International (ESI) 2019. Empat mahasiswa dari Fakuktas Teknologi Industri Universitas Ahmad Dahlan (FTI UAD) yang terdiri dari: Mar’atul Husna (Teknik Kimia), Ponco Sukaswanto (Teknik Elektro), Ahmad Yogaswara (Teknik Elektro), dan Yenny Rahmawati (Teknik Elektro) dengan dosen pembimbing Anton Yudhana, S.T., M.T., Ph.D., akan menampilkan hasil karya dan inovasi teknologinya dalam kompetisi Expo tersebut.

Expo-Sciences International (ESI) 2019 adalah acara terbesar di Abu Dhabi United Arab Emirates (UEA) yang berfokus secara eksklusif pada kreativitas ilmiah para ilmuwan calon ilmuwan muda dari seluruh dunia. ESI adalah inisiatif dari Gerakan Internasional untuk Kegiatan Sains dan Teknologi, yang bertujuan mengembangkan budaya ilmiah di kalangan kaum muda melalui organisasi sains dan program teknologi.

58 negara dipastikan akan berpartisipasi dalam Expo-Sciences International 2019 di Pusat Pameran Nasional Abu Dhabi yang akan diselenggarakan pada tanggal 24 hingga 26 September 2019 mendatang. 1.500 peserta akan berpartisipasi untuk mempresentasikan 700 proyek sains dalam 13 kategori yang meliputi : biologi, ilmu perilaku dan sosial, kimia, ilmu komputer, ilmu bumi, energi dan transportasi, teknik, lingkungan analisis dan manajemen lingkungan, teknologi listrik dan mekanik, ilmu matematika, kedokteran dan kesehatan, fisika dan astronomi, teknologi dan bioteknologi.

Mereka berempat akan menampilkan RCP-GRAIN (ROOF COVERING PROTOTYPE GRAIN) yaitu sebuah alat penutup otomatis untuk membantu petani dalam proses penjemuran padi. Alat ini adalah untuk merubah sistem pengeringan gabah dari tradisional ke modern. Sehingga dapat meningkatkan kualitas dan mutu gabah sebelum dilakukan proses penggilingan hingga menjadi beras.
/(ns)



Komentar Ditutup.