(Che) Universitas Ahmad Dahlan melalui Kantor Urusan Internasional Universitas Ahmad Dahlan (KUI UAD) telah menjalin kerjasama dengan Perguruan Tinggi luar negeri melalui program 3+1 sistem kredit transfer, 2+2 Joint Degree, International Exchange Program, ataupun Program Darmasiswa. Sejak Tahun 2018, Fakultas Teknologi Industri Universitas Ahmad Dahlan (FTI UAD) sudah menerima mahasiswa Student Exchange dari luar negeri yang menempuh studi pada program studi yang ada dilingkungan FTI UAD.

Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menjadi percontohan perguruan tinggi negeri maupun swasta dalam pengelolaan pertukaran mahasiswa dan kerjasama dengan Perguruan Tinggi luar negeri. Mahasiswa asing yang belajar di UAD melalui beberapa program tersebut, cukup banyak dan tersebar di berbagai Program Studi di UAD.

Salah satu Program Studi tersebut adalah Teknik Kimia, yang saat ini sudah menerima mahasiswa asing dari luar negeri untuk belajar pada program studi tersebut. Mahasiswa asing yang menempuh studi di Teknik kimia berasal dari Negara Timor Leste, Malaysia, Thailand, maupun dari Yaman.

Guna menyamakan persepsi antara penyelenggara program pendidikan internasional tersebut, FTI UAD bersama dengan Kantor Urusan Internasional (KUI), dan Biro Akademik dan Admisi (BAA) menyelenggarakan Workshop “Pembahasan Standarisasi Student Exchange ke UAD”. Workshop yang berlangsung pada hari Rabu 06 Maret 2019 di Ruang“ Sidang Dekanat FTI Lantai 6 Kampus IV UAD, dipimpin langsung oleh Sunardi, S.T., M.T., Ph.D. (Dekan FTI UAD), dan dihadiri Ida Puspita,S.S., M.A.Res. (Ka. KUI), Dr. Wahyu Widyaningsih, M.Si., Apt.(Ka.BAA), Wakil Dekan FTI UAD, serta Ketua Program Studi dilingkungan FTI UAD.

Workshop tersebut diantaranya melakukan aktivitas pembahasan yang meliputi identifikasi jenis Student Exchange, Proses penerimaan mahasiswa Student Exchange oleh KUI, Data mahasiswa tentang nilai akademik, status akademik mahasiswa oleh BAA, maupun perihal keuangan. “terang Sunardi.
/(ns)



Komentar Ditutup.