(Che) Program Studi Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri Universitas Ahmad Dahlan (FTI UAD) pada hari Jumat 29 Maret 2019 di ruang Serbaguna Lantai 10 Kampus 4 UAD, menyelenggarakan Kuliah Umum, dengan menghadirkan narasumber Dr. Murni Handayani, S.Si., M.Sc. (Peneliti di Pusat Peneletian Metalurgi dan Material LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia).


Tema kuliah umum yang diikuti oleh dosen dan ratusan mahasiswa Teknik Kimia yang mengambil matakuliah Teknik Reaksi Kimia III tersebut adalah “Pengembangan nanomaterial fungsional dan aplikasinya untuk green energy”.

Berdasarkan potensi alam yang ada di Indonesia, riset nanoteknologi dikembangkan dalam penerapan nanoteknologi yang mempunyai cakupan yang sangat luas. Ketersediaan sumber daya alam di Indonesia guna mendukung riset nanoteknologi sangat melimpah, serta dukungan sumber daya manusia dari lembaga-lembaga penelitian maupun perguruan tinggi di Indonesia untuk mengembangkan green nanoteknologi tersebut.

Nanoteknologi juga disebut sebagai masa depan dari teknologi yang ada sekarang. Nanoteknologi saat ini sudah merambah berbagai sektor, mulai dari dunia industri, elektronik, sampai kepentingan dunia militer. Beberapa contoh gambaran penerapan nanoteknologi di dunia antara lain seperti perkembangan nanoteknologi dalam bidang katalis khususnya dalam rekayasa material berpori (lempung, zeolit, grafit dll) yang memungkinkan dibuatnya bahan yang mempunyai pori dan luas, permukaan besar sebagai sumber energi baru dan terbarukan.

(ns)



Komentar Ditutup.