(Che) Penggunaan polimer dalam kehidupan sehari-hari sudah menjadi bagian hidup kita dan tentunnya kita jarang memperhatikan. Polimer termasuk bidang dalam industri kimia yang akan terus berkembang. Hal ini disebabkan aplikasi produk-produk polimer yang banyak digunakan untuk kebutuhan rumah tangga maupun dalam dunia industri. Hal tersebut disampaikan  dalam acara kuliah umum mata kuliah proses industri Kimia yang berlangsung pada Hari Rabu 24 Oktober 2018 di Ruang Auditorium Utama Kampus3 Universitas Ahmad Dahlan.

Teknik Kimia Universitas Ahmad Dahlan

Acara kuliah umum yang diikuti oleh ratusan mahasiswa Program Studi Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri (FTI UAD) ini, membahas tentang pengertian, sifat, dan manfaat kegunaan polimer. Menurut Dr.Ing. SUHENDRA, M.Sc. “Polimer merupakan senyawa yang besar dan terbentuk dari hasil penggabungan jumlah unit-unit molekul yang kecil. Unit molekul kecil pembentuk senyawa ini disebut monomer. Polimer bisa tersusun beribu-ribu atau bahkan jutaan monomer, sehingga disebut senyawa makromolekul.

Teknik Kimia Universitas Ahmad Dahlan

Beliau juga menyampaikan bahwa “Karakteristik atau sifat polimer didasarkan pada panjang rantai, gaya antarmolekul, percabangan dan ikatan silang antar rantai polimer. Semakin panjang rantai polimer, maka kekuatan dan titik leleh senyawanya semakin tinggi. Semakin besar gaya antar molekul pada rantai polimernya, maka senyawa polimer akan semakin kuat dan semakin sulit leleh. Berikut contoh senyawa yang termasuk polimer adalah protein, lemak, karbohidrat, karet alam, dan sejumlah plastik seperti polietilene (PE), Plastik polipropilena PP, plastik polietilen tereftalat PET, plastik polivinil chloride PVC, plastik polistirena PS, teflon, dan nilon.

Teknik Kimia Universitas Ahmad Dahlan

Dengan mempelajari ilmu tentang polimer ini diharapkan mahasiswa Teknik Kimia FTI UAD mengetahui definisi polimer, mengetahui penggolongan polimer, mengetahui sifat-sifat polimer, mengetahui kegunaan dan dampak polimer dalam kehidupan sehari-hari. /(ns)



Komentar Ditutup.